Selasa, 04 Oktober 2011

Ketenaran yang memuakkan

“kenyaangg...” teriak salah seorang teman kuliahku ketika selesai menyantap menu makan siangnya. Mengusap-usap perut tambunnya yang gembul sambil “GROOOAAAAKKKK...” bersendawa dengan suara yang cukup lantang.

“idih.. dasar cowo ga sopan. Abis makan selalu aja bersendawa kayak babi..” celetuk cewek berambut ikal sepundak, yang duduk tak jauh dari tempat si cowok gembul itu berada.
“iyaa.. jadi cowo tuh harus jaga sikap. Ga heran kalo lo sampe sekarang belum punya cewe..” sahut cewek lainnya.

“biariirinnn... toh gw udah disiapin kerjaan ama kantor ama bokap gw, yang penting sekarang lulus dulu. Urusan cewe mah gampang, begitu gw kaya, pasti banyak yang bakal ngejar-ngejar gw...” bela si cowo gembul sambil menepuk dada.

“amit-amit dah, gw kalo sampe mau ama cowo jorok kayak lo. Palingan yang mo sama lo cuman cewek-cewek matre doang.. hahaha... “ canda si cewe rambut ikal.
“emangnya kenapa juga kalo gw dapet cewe matre? Toh gw orang kaya khan? Jadi pastinya, bukan urusan sulit lah buat ngedapetin tuh cewe-cewe...” sombongnya lagi “ atau mungkin kalo kalian mau, kalian bisa kerja di tempat gw lah, gw bakal jadiin sekretaris pribadi... “
“trus ngelayanin bos mesum kayak lo? Gitu?” debat si ikal.
“iyalah...  khan gw yang bakal bayar lo-lo pada..” bela si gembul lagi..
“gw bakal minta bayaran mahal...mobil jazz putih... appartment....”
“apapun yang lo minta, gw kasih...asal.......”
“asal apa?”
“....asal bisa selalu nemenin gw BBS...hahahaha...”
“ogg....gaaahh...” tolak kedua cewe itu hampir bebarengan.

***

enak ya jadi anak orang kaya

itu kalimat yang ada di pikiranku begitu mendengar cerita dari teman-temanku barusan. jadi anak orang kaya sepertinya tak begitu susah jika menginginkan akan sesuatu, barang, jasa, sampai kerja dan usaha. semua sudah bisa mereka dapat tanpa harus melakukan segala macam bentuk perjuangan. tinggal mengandalkan akan ke'iba'an orang tua..

kok sepertinya mereka terlalu menggampangkan hidup ya?
apa-apa minta orang tua, apa-apa mengandalkan orang tua.

menyebalkan.

sebenernya aku terkadang merasa beruntung akan kepelitan yang orang tuaku berikan kepadaku. walau mereka bisa memberikan semua yang aku inginkan, tapi semua itu (bagiku pribadi) bukanlah sebuah kebanggaan.

karena apa? karena ujung-ujungnya, itu adalah 'meminta'

yup. meminta. karena duit merekalah aku bisa menikmati semua ini. karena harta merekalah aku bisa merasakan semua kenyamanan ini. dan karena status sosial merekalah aku bisa memperoleh semua barang-barang ini.

tak ada enaknya hidup dibalik bayang-bayang seseorang.

"oh, mia tuh putrinya bapak A ya? yaudah, gausah bayar, gratis kok... salam ya buat bapak" ujar salah seorang pemilik tenant di mall jakarta ketika aku membeli sebuah tas.

"ya ampuuunnnn... ambil aja kali mia... mia sekarang sudah besar ya.. kuliah dimana? udah merid ya? gimana kabar mami? salam ya buat beliau....." ujar salah seorang pemilik toko pernik-pernik ketika mia akan membeli beberapa benda kecantikan.

untuk beberapa orang mungkin, mereka merasa bangga jika bisa mendapatkan semua kemudahan tersebut. tapi nggak untukku.

terkadang, jika dilihat dari sudut pandang tertentu, aku muak akan semua ketenaran orangtuaku, aku benci akan segala prestasi mereka, aku gak suka akan penjilat-penjilat yang selalu berada disekitarku.

aku ingin orang lain melihat diriku adalah MIA, cewek yang tanpa embel-embel apapun. bukan mia anak pak A, mia sodara pak B, mia ponakan pak C.

aku ingin bisa berdiri sendiri. aku ingin bisa dilihat sebagai orang yanag 'berprestasi' karena usaha, jerih payah dan keringatku sendiri. bukan karena kebesaran dan status sosial dari orang-orang yang ada disekitarku.



3 komentar:

abe wepe mengatakan...

sekali sekali lihatlah kehidupan diluar kota...
dimana kmu bukan siapapun...
dimana kmu bisa selalu jadi pribadimu yang lebih "aku"...
keindahan seseorang lebih bisa dihargai ketika dirimu sendiri juga melihat keindahan itu...
setiap senyum pahit selalu mempunyai kenangan pahit yang tak seorangpun pernah tahu...
I always smile to this unfair world...and I'll see many smile smiling back to me...

@wahyusheltra ( Wy Wahyu W. Putra ) mengatakan...

sebenar nya...semua itu tergantung kita melihat kehidupan ini dari segi mana..karna apa yg kita miliki kemarin, sekarang atau yg akan datang, itu ada lah anugerah..jadi patut untuk di syukuri..coba aja setiap orang yg beruntung itu bisa memanfaatkan keberuntungan nya untuk bisa berbagi pada orang lain..pasti tdk akan jadi beban,,karna kesuksesan seseorang bisa di ukur, sejauh mana dia bisa berbagi pada orang lain..

MCBLSTRG mengatakan...

Buat kamu yang gak punya pulsa. Ingin pulsa gratisan? Gabung fanspage facebook Aku Gak Punya Pulsa di

http://www.facebook.com/AkuGakPunyaPulsa

Ceritakan kenapa kamu gak punya pulsa dan dapetin isi ulang pulsa untuk semua operator.

Sebarkan dan buktikan rezeki pulsa bisa kamu dapatkan. Ayo gabung!

Totally Supported by KartuMerah

Posting Komentar

 
;