Selasa, 20 Maret 2012

Salah Siapa

Siang ini, matahari bersinar dengan malasnya, sehingga membuat awan lebih banyak berkuasa di langit sana. Deburan ombak terdengar bersahutan di kejauhan dan hembusan angin hangat yang tak mau kalah bereksistensi, meniup daun-daun kelapa dengan manjanya.

“Mia... lihat deh anak kecil itu... lucu sekali ya?” ucap Ranti, teman kuliahku yang kali ini menyempatkan diri menemaniku untuk makan siang bareng.

Seorang anak laki-laki kecil berusia sekitar 5 tahun, berdiri tak jauh dari tempat makan kami. Ia terlihat sedang bingung, karena beberapa kali menengok kesana kemari, seolah mencari sesuatu.

“Iya lucu banget... ganteng pula.... tapi sepertinya dia mencari sesuatu...” ucap Dino, temanku satu lagi yang melirik ke arah anak kecil itu sambil menyeruput es kelapa muda kegemarannya.
“Ehh.. iya... sepertinya dia bingung...” tambah Ranti.

Segera saja, Dino menghampiri anak kecil yang sedang kebingungan itu. Beberapa kali, anak kecil itu menunjuk-nunjuk, dan beberapa kali pula anak kecil itu menggeleng-gelengkan kepala. Mereka berdua terlihat seperti sedang membicarakan hal yang serius. Hingga akhirnya, Dino membawa anak kecil itu mendekat ke arah kami.

“Rino... Ini kak Mia.... dan ini kak Ranti...” ujar Dino memperkenalkan anak kecil itu ke kami. “Rino kehilangan orang tuanya...” jelas Dino menambahkan.
“Ya ampunnn... hilang dimana dekkk...?” tanya Ranti buru-buru mendekat ke arah Rino.

Anak kecil itu hanya bisa menggeleng sambil tetap melirik kesana kemari mencoba mencari tahu dimana orang tuanya berada.

“Yaudah... kamu tunggu disini bareng kami aja ya dek, ntar pasti papi mami kamu bakal nyamperin...” kata Dino mencoba menenangkan. “Sekarang kamu makan aja dulu yuk...”

***

Entah sudah keberapa kalinya mia mendapati cerita seperti ini.

Cerita mengenai seorang anak yang kehilangan orang tuanya atau orang tua yang kehilangan anaknya. Cerita yang sepertinya semakin hari semakin banyak terjadi. Cerita yang sering terjadi di pusat-pusat perbelanjaan atau terjadi di area wisata. Cerita yang terkadang membikin mia gemes.

Okelah, mungkin orang tua mereka sedang sibuk belanja atau sedang melakukan hal lain. Tapi apakah mereka tak bisa sedikit lebih ‘aware’ akan keberadaan anak mereka. Atau paling tidak, mereka bisa saja menyewa nanny atau pengasuh untuk bisa mengawasi anak mereka. 

Tapi yang kebanyakan terjadi adalah, para orang tua merasa begitu mampu untuk dapat mengawasi anak-anak mereka tanpa bantuan siapapun. Dan ketika mereka mendapati ada 'masalah' yang terjadi pada anak mereka, mereka hanya bisa saling menyalahkan satu dengan lainnya.


Please deh, anak adalah tanggung jawab kalian sebagai orang tua. Dan karena bagaimana pun, keselamatan anak adalah tanggung jawab penuh dari orang tua. Tak peduli senakal apapun anak tersebut.

Bisa saja, anak seperti Rino ini diculik lalu dijadikan sebagai barang tebusan kepada orangtuanya. Bisa saja, anak seperti Rino ini diculik lalu dijual ke sindikat perdagangan anak oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Bisa saja, anak seperti Rino ini jatuh ke laut dan hanyut ke tengah samudra. Semua bisa saja terjadi khan?  Dan semua itu bisa saja terjadi karena keteledoran sang orang tuanya.

Apakah jaman sekarang orang tua sudah tak peduli lagi akan anak-anak mereka? Atau apakah jaman sekarang orang tua lebih memutuskan untuk lebih mementingkan kepentingan mereka?


Satu kalimat mia buat para orang tua seperti itu.


“Jangan hanya bisa bikin anak, tanpa bisa tahu bagaimana cara mengurus mereka...”



4 komentar:

ade wahyu mengatakan...

haii mia, boleh minta alamat email kamu gak?
soalnya aku liat dlu di twitter banyak yg curhat sama kmu, nah mungkin aja kmu bisa ksh masukan buat masalah aku
makasih sebelumnyaa

bara_kuda1 mengatakan...

kalau orang tuanya ngak peduli ya gitu sih mia

J4W3R mengatakan...

iya neh.,mia kayanya enak buat diajak curhat

MiAW mengatakan...

ade..
alamat email mia di miayuwa@yahoo.com
silakan aja kalo mau curhat. :D

bara_kuda1..
mungkin sekaranglah saatnya orang tua harus lebih care dengan buah hatinya

J4W3R..
:D

Posting Komentar

 
;